Senin, 27 Desember 2010

Langkah Overhaul kopling mobil yang akan saya jelaskan adalah untuk kopling mobil manual. Tujuan overhaul kopling mobil ini untuk melakukan pemeriksaan kondisi kopling mobil dan juga untuk mengganti kampas kopling mobil.Posisi kopling pada semua mobil di dalam kendaraan selalu sama, hanya saja setiap kendaraan khususnya mobil , memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dalam melakukan overhaulnya. Letak perbedaan kesulitan ini ada :

  1. Posisi mesin pada kendaraan. 
  2. Besar - kecilnya ukuran transmisi
Letak mesin pada mobil , akan sangat mempengaruhi tingkat kesulitan dalam pembongkaran kopling mobil. Namun semuanya ini dapat diatasi jika kita memiliki sebuah dongkrak kendaraan yang dapat mengangkat body mobil sampai tinggi. Biasanya pada setiap bengkel mobil , disediakan sebuah lift atau dongkrak mobil yang bisa mengangkat body mobil sampai setinggi manusia berdiri.

Besar - kecilnya transmisi pada sebuah mobil juga akan sangat mempengaruhi kesulitan dalam melakukan overhaul kopling mobil. Semakin besar ukuran transmisi , maka akan semakin berat pula transmisi itu. Namun hal ini dapat di atasi dengan mempersiapkan peralatan khusus yaitu dongkrak khusus untuk pengangkat transmisi.

Untuk Anda yang ingin melakukan overhaul kopling , tanpa memiliki alat khusus seperti di atas, Anda tetap dapat melakukan pembongkaran cukup dengan satu dongkrak dan jack stand.

Saya mulai saja langkah - langkah overhaul kopling mobil: Untuk kali ini saya akan mengambil contoh pembongkaran kopling mobil yang menggunakan sistem penggerak belakang, yaitu menggunakan as kopel / proppeller shaft.
  1. Lepaskan baut - baut pengingkat yang menghubungkan transmisi dengan proppeller shaft.
  2. Lepaskan baut - baut pengingkat yang menghubungkan transmisi dengan backing plate pada mesin.
  3. Turunkan atau pisahkan transmisi dari mesin.
  4. Lepaskan baut - baut pengingkat clutch cover pada flywheel.
  5. Dengan melepas semua baut pengikat clutch cover tersebut, maka secara otomatis clutch cover dan kampas kopling  akan terlepas dari flywheel.
Langkah pemasangan kopling :
  1. Gunakan clutch center , yaitu sebuah alat khusus yang digunakan untuk melurukan lubang pada kampas kopling dengan lubang pada flywheel. Kalau tidak ada , gunakan tali terlebih dahulu untuk mengingkat kampas kopling ke clutch cover, usahakan posisi diameter luar kampas kopling rata dengan posisi dari plat tekan pada clutch cover. 
  2. Tempelkan susunan kampas kopling dan clutch cover pada flywheel.
  3. Pasang semua baut pengikatnya dan kencangkan kurang lebih 3 kg m
  4. Pasang kembali transmisi pada backing plate dari mesin.
  5. Pasang baut pengikatnya dan kencangkan.
  6. Pasang as kopel / proppeller shaft pada transmisi .
  7. Pasang baut pengikatnya dan kencangkan.

0 komentar :

Posting Komentar